Ide Bisnis Untuk Kita
Manusia tidak diciptakan
dan hidup untuk dirinya sendiri. Manusia adalah makhluk sosial yang hanya bisa
bertahan hidup dengan mengandalkan manusia lain, atau setidaknya makhluk lain.
Bisa Anda bayangkan apa
jadinya manusia yang hidup sendiri di tengah pulau tanpa ada makhluk lainnya?
Tanpa adanya sebuah usaha kreatif darinya, maka tidak sampai satu bulan, ia
akan punah.
Meskipun manusia
diciptakan sebagai makhluk sosial, namun banyak manusia yang masih memilih
untuk hidup bagi dirinya sendiri.
Ia hanya bangun untuk
dirinya sendiri, ia beraktivitas untuk dirinya sendiri, lalu ia tidur untuk
dirinya sendiri. 24 jam dalam 7 hari ia isi dengan kegiatan-kegiatan yang hanya
untuk kepentingannya sendiri. Padahal, manusia bisa melakukan lebih
Ada banyak hal yang bisa
dilakukan manusia untuk berbuat lebih. Salah satunya adalah dengan memberikan
manfaat kepada orang-orang. Namun, belum banyak disadari kalau ada cara lain
untuk menebar manfaat ke sesama, yaitu dengan menjadi
pengusaha.
Dengan menjadi pengusaha,
Anda bukan hanya bisa menjadi nahkoda di kehidupan Anda saja. Anda pun bisa
menjadi kapal bagi kehidupan orang lain, yaitu dengan membuka lapangan
pekerjaan. Ini lah manfaat yang bisa disebarkan oleh pengusaha kepada sesama.
Banyak sekali
sumber-sumber untuk mendapatkan ide bisnis bagi Anda. Ambillah dari
sumber-sumber tersebut ide bisnis yang potensial dan menghasilkan. Berikut
beberapa sumber ide bisnis bagi Anda yang seorang mahasiswa yaitu sebagai
berikut:
Hobi atau Minat
Hobi adalah aktivitas
favorit di waktu luang atau pekejaan. Banyak orang, dalam melakukan hobi atau
minat, berhasil mendirikan bisnis. Misalnya Anda hobi fotografi maka Anda bisa
membuka jasa fotografi untuk pernikahan atau fotografer freelance untuk suatu
perusahaan dan masih banyak hobi yang lain. Setiap manusia pasti memiliki hobi
atau minat walaupun itu hanya ada satu.
Keterampilan dan
Pengalaman Pribadi
Lebih dari separuh ide
bisnis yang sukses berasal dari pengalaman bekerja di kantor atau tempat kerja.
Jadi, latar belakang pengusaha memainkan peranan penting dalam keputusan untuk
memasuki bisnis selain jenis bisnis yang akan mereka ciptakan. Ketrampilan dan
pengalaman Anda merupakan sumber yang paling penting, tidak hanya untuk
menghasilkan ide tetapi juga untuk mendapat keuntungan.
Waralaba
Waralaba adalah pengaturan
dimana produsen atau distributor tunggal dari suatu merk dagang, barang atau
jasa memberi hak eksklusif untuk distribusi lokal kepada pengecer mandiri
sebagai ganti dari pembayaran royalty dan pemenuhan prosedur operasi standar.
Bisnis waralaba dapat mengambil beberapa bentuk, tetapi satu bentuk menarik
adalah jenis yang menawarkan nama, citra, cara untuk melakukan bisnis dan
prosedur operasional bisnis.
Media Massa
Media massa merupakan
sumber informasi, ide bahkan peluang yang besar. Surat kabar, majalah,
televisi, dan sekarang ini internet, adalah contoh dari media massa.
Pameran
Jalan lain untuk
menemukan ide dari suatu bisnis adalah dengan Anda menghadiri berbagai pameran.
Pameran ini biasanya diiklankan di radio atau di surat kabar. Dengan menghadiri
pameran secara teratur, Anda tidak hanyamenemukan produk baru, tetapi Anda juga
bisa bertemu dengan para penjual, pabrik, pedagang grosir, distributor, dan
pelaku bisnis waralaba. Mereka merupakan sumber ide dan informasi bisnis yang
bagus dan membantu Anda untuk memulai suatu bisnis.
Survei
Inti dari suatu ide
bisnis baru seharusnya adalah pelanggan. Kebutuhan dan keinginan dari
pelanggan, alasan pemilihan produk oleh pelanggan, dapat Anda pastikan melalui
suatu survey. Survei dapat Anda lakukan secara formal atau pun tidak formal
melalui percakapan dengan orang-orang dengan menggunakan kuisioner, wawancara
atau melalui observasi.
Keluhan
Keluahan dan kekecewaan
dari pelanggan telah banyak menghasilkan produk dan jasa baru. Bilamana pemakai
atau pelanggan mengeluh tentang produk atau jasa,Anda mempunyai potensi untuk
menghasilkan ide bisnis. Ide bisa berupamendirikan perusahaan tandingan yang
menghasilkan produk atau jasa yang lebih baik, atau membuat produk atau jasa
yang bisa dijual ke perusahaan tersebut atau perusahaan lain.
Brainstorming
Brainstorming adalah
suatu teknik pemecahan masalah yang kreatif selain untuk menghasilkan ide.
Tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin ide. Hal ini biasanya mulai
dengan suatu pertanyaan atau pernyataan masalah. Setiap ide dapat menghasilkan
suatu tambahan ide atau lebih, yang jumlahnya akan lumayan banyak. Berikut
aturan dalam menggunakan brainstorming untuk mencari ide bisnis yaitu :
- Jangan mengkritik atau menghakimi ide orang lain
- Berikan ide dilontarkan secara bebas dan ide yang tampaknya liar dan tidak masuk akal agar diterima baik
- Kuantitas diharapkan semakin banyak ide, semakin baik
- Gabungkan dan kembangkan ide-ide dari orang lain. Selanjutnya semua ide walaupun tidak logis atau tidak masuk akal harus dicatat.
Komentar
Posting Komentar